Thursday, 3 January 2013

Informasi pemberlakuan amandemen SOLAS terhadap alat penurunan sekoci penolong


Amandemen terhadap Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (SOLAS) yang bertujuan untuk mencegah kecelakaan selama pluncuran/penurunan sekoci mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2013.

Perubahan SOLAS dimaksud, diadopsi pada bulan Mei 2011, menambahkan paragraf baru (paragraf 5) peraturan SOLAS III/1 mensyaratkan sekoci yang dewi-dewi nya secara mekanik tidak sesuai dengan ketentuan Life-Saving Appliances Internasional (LSA) Code yang baru, harus diganti, selambat-lambatnya pada waktu kapal naik dok pertama yang dijadwalkan setelah 1 Juli 2014, tetapi bagaianapun tidak lebih dari 1 Juli 2019.

Perubahan SOLAS dimaksudkan untuk membangun standar keselamatan baru yang lebih ketat, untuk meluncurkan/menurunkan sekoci penolong dan sistem penyimpanan kembali. Hal ini akan dperlukan proses penilaian (assessment) dan boleh jadi akan memerlukan penggantian ganco/pengait alat penurunan sekoci dalam jumlah besar.


Informasi yang disampaikan oleh masing-masing Negara bendera yang sudah melakukan penilaian terhadap pengait sekoci yang ada, dapat dilihat di website www.imo.org pada Sistem Informasi Perkapalan Global Terpadu (Global Integrated Shipping Information System - GISIS) tentang Evaluation of Hooks

No comments:

Post a comment